Cara membuat Blog

logo uin.png

CARA MEMBUAT BLOG
MAKALAH
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Teknologi komunikasi dan Informasi
Dosen Pengampu : Muhammad Chodzirin

logo uin.png
 







                                                                                                             



Di susun oleh :
1.       Fitroh Nurikhsan                                        (1701016070)
2.       Maulida                                                      (1701016071)
3.       Faif Nur Ma’fiyah                                      (1701016072)


FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2018








KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang lagi maha pengasih dan maha penyayang, kami panjatkan puji syukur atas kehadiran-Nya yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, serta inayahnya kepada kami dan tak lupa shalawat serta salam kami curahkan kepada baginda besar Nabi Muhammad  SAW sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “ Teknik Membuat Blog “
Makalah ini telah kami susun dengan maksimal dari berbagai sumber informasi sehingga dapat memperlancarkan pembuatan makalah ini.
Terlepas dari semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dari segi susunan kalimat ataupuan tata bahasanya. Dengan tangan terbuka kami menerima saran dan kritik yang membangun dari pembaca guna menyempurnakan makalah ini. Akhir kata kami mengucapkan terima kasih.


                                                                        Semarang, 14  April 2018

                                                           
                                                                                    penulis










BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
Semakin berkembangnya Teknologi Informasi dan komunikasi, dan diiringi juga perkembangan zaman yang cepat, sehingga tidak menutup kemungkinana berpengaruh pada pola kehidupan manusia yang semakin maju terutama pada aspek kehidupan keseharian, dalam menggunakan ilmu teknologi.
Mengingat semakin padatnya aktifitas di kehidupan zaman modern ini, maka tidak dipungkiri lagi membuat keterbatsan  dalam setiap hal kehidupan sehari-hari, Misalnya keterbatasan waktu untuk melakukan transaksi secara langsung dalam pemesanan tiket perjalanan baik udara maupun darat maupun laut. Seperti yg kita ketahui untuk memudahkan masalah tersebut, fasilitass telepon selular dengan aplikassi WAP dan internet pada zaman sekarang ini yang semakin bertumbuh pesat setiap tahunnya, adalah salah satu solusi yang dapat memudahkan pengguna untuk mengakses atau mendapatkan informasi terupdate secara online.
  1. Rumusan Masalah
1.      Apa  Pengertian Blog?
2.      Bagaimana cara pembuatan Blog?
3.      Apa kegunaan Blog?
4.      Apa macam-macam blog?








BAB II
PEMBAHASAN

  1. Pengertian Blog
Blog secara bahasa merupakan kependekan dari Weblog. Weblog sendiri merupakan kependekan dari “ Logging The Web “ yang mempunyai asal-usul yaitu memasuki web dan menuliskan “ kesimpulan tautan-tautan mana yang menarik” dan memberikan pendapat tentang tautan tersebut di jurnal online-nya. Banyak yang mengatakan blog adalah diary pribadi ( Personal Diary) yang bisa diakses secara online di Internet.
Secara sederhana, Blog juga bisa disebut sebagai Webseit pribadi. Pengguna dapat menuliskan catatan atau artikel pada bagian on-going dan artikel terbaru akan muncul dibagian paling atas. Pengunjung juga dapat membaca artikel tersebut dan sekaligus member komentar.
Saat ini, blog semakin banyak diminati berbagai kalangan pengguna internet, mulai pelajar, mahasiswa, artis, perusahaan, sampai akademisi. Beberapa alasan memilih blog sebagai website pribadi sebagai berikut :
·         Tidak harus mahir pemrograman web. Hal ini dikarenakan penyedia layanan telah memberikan fitur wizard, sehingga mudah dalam instalasinya.
·         Waktu yang singkat dalam membuatnya. Dengan fitur wizard juga yang menjadi alasan website dapat tercipta hanya dengan beberapa langkah saja.
·         Bisa mempunyai banyak teman dalam komunikasi blog tersebut.
·         Memberoleh kebebasan berekspresi
·         Murah dan bahkan gratis
·         Merupakan wahana efektif untuk publikasi, baik diri, produk, atau kegiatan bisnis lainnya.
  1. Cara pembuatan blog
1.      Syarat – syarat membuat blog
a)      E-MAIL
Sebelum membuat blog, anda harus mempunyai akun e-mail yang masih aktif, bisa dari Gmail, Yahoo!, dan penyedia layanan e-mail lainnya.
b)      Koneksi Internet
Untuk membuat blog dibutuhkan koneksi internet. Bila anda tidak berlangganan internet, anda bias membuat blog di warnet.[1]
2.      Cara Membuat Blog
Mendaftar di situs Blogger
Sebelum merancang Blog, Anda harus mendaftar di salah satu situs pembuat Blog. Sebagai contoh, kita akan menggunakan situs www.blogger.com. Langkah-langkah membuatnya sebagai berikut :
1)      Jalankan Browser Anda, misalnya Mozila Firofox dan ketik http://www.blogger.com/ serta tekan ENTER.
2)      Tekan tombol perintah CIPTAKAN BLOG ANDA. Nanti akan Muncul jendela CIPTAKAN ACCOUNT.
3)      Masukkan data yang diperlukan dan verifikasi.
4)      Klik tombol checklist saya menerima persyaratan dan layanan, Kemudian klik tombol perintah LANJUTKAN. Muncul jendela Beri nama blog Anda.
5)      Ketik judul Blog alamat URL Blog Anda, kemudian klik tombol perintah LANJUTKAN. Nanti akan Muncul jendela untuk memilih template Blog.
6)      Setelah Anda memilih salah satu Template, klik tombol LANJUTKAN sehingga muncul jendela Blog Anda sudah jadi.[2]

  1. Manfaat kegunaan Blog
Fungsi atau manfaat dari blog itu sendiri sangatlah beragam, mulai dari fungsi media curahan hati setiap hari atau diary, media publikasi politik dan sebagainya, hingga juga bisa digunakan sebagai company profile suatu perusahaan baik skala kecil hingga raksasa. Bahkan blog juga dapat dimanfaatkan sebagai media interaksi ke sesama pengunjung.
Sehingga, seiring perkembangan teknologi dan kecanggihan suatu, bahwa blog bukan hanya digunakan sebagai tempat curhatan semata, melainkan juga bisa digunakan sebagai media informasi profil seperti komunitas, perusahaan, usaha dan bahkan media informasi sesuai topik seperti informasi pendidikan, teknologi, sains, dan lain sebagainya.
Blog dapat dimanfaatkan sebagai media promosi, usaha online, dan berbagai informasi sesuai tema atau pokok pembicaraan yang mana bisa dijadikan sebagai sumber referensi pembaca atau pengunjung, tapi tidak semua blog itu bisa dijadikan acuan referensi berita yang akurat karena banyak orang yang bisa memanipulasi blog seseorang, atau sejenis penipuan yang mengatasnamakan perusahaan untuk mendapatkan sebuah hadiah, dan kasus yang lainnya. Sehingga ini menjadikan kelemahan blog tersebut.[3]
D.    Macam – macam Blog
a)        Blog pribadi
Blog yang umumnya dibuat hanya untuk sekedar mengisi waktu luang atau berbagi hal-hal dari kehidupan sehari-hari. Blog jenis ini pada dasarnya adalah sebuah catatan online publik sehingga topiknya bisa segala hal. Selain itu, blog pribadi tidak ditujukan untuk menghasilkan uang. Meskipun demikian, pemilik blog jenis ini akan tetap enjoy ngeblog
b)      Blog otoritas (authority blogs)
Blog yang dibuat oleh para blogger serius. Tujuan blog tersebut adalah menjadi ahli di topik yang dibahasnya.
Dari sisi mendapatkan pengunjung, blog otoritas tidak focuskepada pengunjung dari mesin pencari, namun menggaet pengunjung juga dari social media (Facebook, Twitter, dan Pinterest). Oleh sebab itu, jika pun mesin pencari tidak ada, blog-blog otiritas masih mendapatkan trafik dari sosial media tersebut.
Terkait konten, blog otoritas umumnya tidak mementingkan kata kunci. Tak heran, blog otoritas memublikasikan ratusan hingga ribuan artikel berkualitas karena topik yang mereka bahas tidak sempit (misalnya kesehatan, rumah, pengembangan diri, teknologi, dan lain-lain).
Beberapa contoh blog otoritas adalah:
·         Problogger (blog otoritas seputar dunia ngeblog)
·         TechCrunch (blog otoritas seputar dunia teknologi)

c)      Blog Niche

Berbeda dengan blog otoritas, blog niche fokus kepada sebuah kata kunci tertentu yang diupayakan untuk masuk ke halaman satu mesin pencari. Pembuatan blog jenis ini memiliki pola: riset kata kunci, pembuatan konten, dan optimasi di mesin pencari.
Dari sisi pengunjung, blog niche menggantungkan diri kepada pengunjung yang berasal dari mesin pencari (utamanya Google) sehingga biasanya para pemilik blog niche sibuk mencari backlink dari beragam sumber agar blog mereka masuk ke halaman 1 Google untuk kata kunci yang dibidiknya.
Karena hanya menggantungkan pengunjung dari Google, kelemahan terbesar blog niche adalah kehilangan pengunjungnya dalam waktu sekejap jika Google memperbaharui algoritma pencariannya. Anda mungkin pernah mambaca keluhan para pemilik blog niche di forum-forum internet marketing karena blog mereka telempar dari halaman 1 Google akibat Google Panda, Google Penguin, atau penalti manual Google.
Sekarang ini ada banyak debat kusir perihal mana yang lebih baik dalam menghasilkan uang antara blog otoritas dan blog niche. Para fan blog otoritas mengklaim bahwa blog otoritas adalah yang terbaik menghasilkan uang. Begitu juga dengan klaim para “pecinta” blog niche. Namun, dalam pandangan saya, dua-duanya bagus menghasilkan uang sepanjang konten dan backlink-nya berkualitas.

d)     Blog Perusahaan

Beberapa tahun belakangan ini banyak perusahaan telah menambahkan sebuah blog pada website mereka. Perusahaan menggunakan blog mereka untuk menginformasikan pengumuman penting, memperkenalkan produk dan atau jasa baru, dan berkomunikasi dengan pelanggan. Oleh karena itu, blog jenis ini umumnya tidak dimonetisasi dengan iklan-iklan pihak ketiga.

e)      Blog spam

Blog spam adalah blog yang dibuat dengan tidak memperhatikan kualitas. Blog jenis ini umumnya berupa blog automatically generated content (AGC) yang bisa dengan mudah dibuat dalam jumlah masif. Pemilik tinggal menggunakan software (biasa juga kode tertentu atau plugin) pengambil konten dari blog atau website orang lain dan blog mereka akan dengan mudah terisi konten.
Walaupun mudah dibuat, blog spam sering mendapat komplain dari pemilik blog yang kontennya diambil karena terjadi pelanggaran hak cipta. Bukan hanya itu, blog jenis ini menjadi sasaran empuk Google dalam membersihkan hasil pencariannya dari konten-konten yang tidak bermutu.
Dengan mengetahui kelima jenis blog di atas, Anda mendapat gambaran tentang blog seperti apa yang hendak Anda buat. Secara probadi, saya baru membuat blog niche dan blog otoritas. Dari sisi bahasa, blog niche saya 100% berbahasa Inggris, sedangkan blog otoritas saya semuanya berbahasa Indonesia (salah satunya blog yang sedang Anda baca ini).[4]




BAB III
KESIMPULAN
Blog secara bahasa merupakan kependekan dari Weblog. Weblog sendiri merupakan kependekan dari “ Logging The Web “ yang mempunyai asal-usul yaitu memasuki web dan menuliskan “ kesimpulan tautan-tautan mana yang menarik” dan memberikan pendapat tentang tautan tersebut di jurnal online-nya. Fungsi atau manfaat dari blog itu sendiri sangatlah beragam, mulai dari fungsi media curahan hati setiap hari atau diary, media publikasi politik dan sebagainya, hingga juga bisa digunakan sebagai company profile suatu perusahaan baik skala kecil hingga raksasa. Macam-macam blog yaitu:
v  Blog pribadi
v  Blog otoritas (authority blogs)
v  Blog niche
v  Blog perusahaan
v  Blog spam
Dengan mengetahui kelima jenis blog di atas, Anda mendapat gambaran tentang blog seperti apa yang  Anda buat.



DAFTAR PUSTAKA
Riyanto. Serba gratis. ( Yogyakarta : gava media, 2012) 
Supardi yuniar, internet untuk segala kebutuhan. ( Jakarta : PT Elex media komputindo) hlm. 143-146















[1] Riyanto. Serba gratis. ( Yogyakarta : gava media, 2012)  hlm. 19
[2] Supardi yuniar, internet untuk segala kebutuhan. ( Jakarta : PT Elex media komputindo) hlm. 143-146

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ)

Cara pengaturan kamera hp Oppo A37F

MAKALAH MASALAH - MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL