Cara membuat Blog
CARA MEMBUAT BLOG
MAKALAH
Disusun
Guna Memenuhi Tugas
Mata
Kuliah : Teknologi
komunikasi dan Informasi
Dosen Pengampu : Muhammad Chodzirin
![]() |
Di susun oleh :
1. Fitroh Nurikhsan (1701016070)
2. Maulida (1701016071)
3. Faif Nur Ma’fiyah (1701016072)
FAKULTAS DAKWAH DAN
KOMUNIKASI
UNIVERSITAS ISLAM
NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2018
KATA PENGANTAR
Dengan
menyebut nama Allah SWT yang lagi maha pengasih dan maha penyayang, kami
panjatkan puji syukur atas kehadiran-Nya yang telah melimpahkan rahmat,
hidayah, serta inayahnya kepada kami dan tak lupa shalawat serta salam kami
curahkan kepada baginda besar Nabi Muhammad
SAW sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “ Teknik
Membuat Blog “
Makalah ini
telah kami susun dengan maksimal dari berbagai sumber informasi sehingga dapat
memperlancarkan pembuatan makalah ini.
Terlepas dari
semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih banyak kekurangan
dari segi susunan kalimat ataupuan tata bahasanya. Dengan tangan terbuka kami
menerima saran dan kritik yang membangun dari pembaca guna menyempurnakan
makalah ini. Akhir kata kami mengucapkan terima kasih.
Semarang,
14 April 2018
penulis
BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Semakin berkembangnya Teknologi Informasi dan komunikasi, dan diiringi
juga perkembangan zaman yang cepat, sehingga tidak menutup kemungkinana
berpengaruh pada pola kehidupan manusia yang semakin maju terutama pada aspek
kehidupan keseharian, dalam menggunakan ilmu teknologi.
Mengingat semakin padatnya aktifitas di kehidupan zaman modern ini,
maka tidak dipungkiri lagi membuat keterbatsan
dalam setiap hal kehidupan sehari-hari, Misalnya keterbatasan waktu
untuk melakukan transaksi secara langsung dalam pemesanan tiket perjalanan baik
udara maupun darat maupun laut. Seperti yg kita ketahui untuk memudahkan
masalah tersebut, fasilitass telepon selular dengan aplikassi WAP dan internet
pada zaman sekarang ini yang semakin bertumbuh pesat setiap tahunnya, adalah
salah satu solusi yang dapat memudahkan pengguna untuk mengakses atau
mendapatkan informasi terupdate secara online.
- Rumusan Masalah
1.
Apa Pengertian Blog?
2.
Bagaimana cara pembuatan
Blog?
3.
Apa kegunaan Blog?
4.
Apa macam-macam blog?
BAB II
PEMBAHASAN
- Pengertian Blog
Blog secara bahasa merupakan kependekan dari Weblog. Weblog
sendiri merupakan kependekan dari “ Logging The Web “ yang mempunyai
asal-usul yaitu memasuki web dan menuliskan “ kesimpulan tautan-tautan mana
yang menarik” dan memberikan pendapat tentang tautan tersebut di jurnal
online-nya. Banyak yang mengatakan blog adalah diary pribadi ( Personal
Diary) yang bisa diakses secara online di Internet.
Secara sederhana, Blog juga bisa disebut sebagai Webseit pribadi.
Pengguna dapat menuliskan catatan atau artikel pada bagian on-going dan
artikel terbaru akan muncul dibagian paling atas. Pengunjung juga dapat membaca
artikel tersebut dan sekaligus member komentar.
Saat ini, blog semakin banyak diminati berbagai kalangan
pengguna internet, mulai pelajar, mahasiswa, artis, perusahaan, sampai
akademisi. Beberapa alasan memilih blog sebagai website pribadi
sebagai berikut :
·
Tidak harus mahir
pemrograman web. Hal ini dikarenakan penyedia layanan telah memberikan
fitur wizard, sehingga mudah dalam instalasinya.
·
Waktu yang singkat dalam
membuatnya. Dengan fitur wizard juga yang menjadi alasan website dapat
tercipta hanya dengan beberapa langkah saja.
·
Bisa mempunyai banyak teman
dalam komunikasi blog tersebut.
·
Memberoleh kebebasan
berekspresi
·
Murah dan bahkan gratis
·
Merupakan wahana efektif
untuk publikasi, baik diri, produk, atau kegiatan bisnis lainnya.
- Cara pembuatan blog
1.
Syarat – syarat membuat
blog
a)
E-MAIL
Sebelum
membuat blog, anda harus mempunyai akun e-mail yang masih aktif, bisa
dari Gmail, Yahoo!, dan penyedia layanan e-mail lainnya.
b)
Koneksi Internet
Untuk membuat
blog dibutuhkan koneksi internet. Bila anda tidak berlangganan internet, anda
bias membuat blog di warnet.[1]
2.
Cara Membuat Blog
Mendaftar di situs
Blogger
Sebelum
merancang Blog, Anda harus mendaftar di salah satu situs pembuat Blog. Sebagai
contoh, kita akan menggunakan situs www.blogger.com.
Langkah-langkah membuatnya sebagai berikut :
1)
Jalankan Browser Anda,
misalnya Mozila Firofox dan ketik http://www.blogger.com/
serta tekan ENTER.
2)
Tekan tombol perintah CIPTAKAN BLOG ANDA. Nanti akan Muncul jendela CIPTAKAN ACCOUNT.
3) Masukkan data yang diperlukan dan verifikasi.
4) Klik tombol checklist saya
menerima persyaratan dan layanan, Kemudian klik tombol perintah LANJUTKAN.
Muncul jendela Beri nama blog Anda.
5) Ketik judul Blog alamat URL Blog Anda, kemudian klik tombol
perintah LANJUTKAN. Nanti akan Muncul jendela untuk memilih
template Blog.
6)
Setelah Anda memilih salah
satu Template, klik tombol LANJUTKAN sehingga muncul jendela Blog Anda sudah
jadi.[2]
- Manfaat kegunaan Blog
Fungsi atau manfaat dari blog itu sendiri sangatlah
beragam, mulai dari fungsi media curahan hati setiap hari atau diary,
media publikasi politik dan sebagainya, hingga juga bisa digunakan sebagai company profile suatu perusahaan baik
skala kecil hingga raksasa. Bahkan blog juga dapat dimanfaatkan sebagai media
interaksi ke sesama pengunjung.
Sehingga, seiring perkembangan teknologi dan kecanggihan
suatu, bahwa blog bukan hanya digunakan sebagai tempat curhatan semata, melainkan
juga bisa digunakan sebagai media informasi
profil seperti komunitas,
perusahaan, usaha dan bahkan media informasi sesuai topik seperti informasi
pendidikan, teknologi, sains, dan lain sebagainya.
Blog dapat dimanfaatkan sebagai media promosi, usaha
online, dan berbagai informasi sesuai tema atau pokok pembicaraan yang mana bisa
dijadikan sebagai sumber referensi pembaca atau pengunjung, tapi tidak semua
blog itu bisa dijadikan acuan referensi berita yang akurat karena banyak orang
yang bisa memanipulasi blog seseorang, atau sejenis penipuan yang
mengatasnamakan perusahaan untuk mendapatkan sebuah hadiah, dan kasus yang
lainnya. Sehingga ini menjadikan kelemahan blog tersebut.[3]
D.
Macam
– macam Blog
a)
Blog
pribadi
Blog yang umumnya dibuat hanya untuk sekedar mengisi waktu luang atau berbagi hal-hal dari
kehidupan sehari-hari. Blog jenis ini pada dasarnya adalah sebuah catatan
online publik sehingga topiknya bisa segala hal. Selain itu, blog pribadi tidak
ditujukan untuk menghasilkan uang. Meskipun demikian, pemilik blog jenis ini
akan tetap enjoy ngeblog
b)
Blog
otoritas (authority blogs)
Blog yang dibuat oleh para blogger serius. Tujuan blog
tersebut adalah menjadi ahli di topik yang dibahasnya.
Dari sisi mendapatkan pengunjung, blog otoritas tidak
focuskepada pengunjung dari mesin pencari, namun menggaet pengunjung juga dari
social media (Facebook, Twitter, dan Pinterest). Oleh sebab itu, jika pun mesin
pencari tidak ada, blog-blog otiritas masih mendapatkan trafik dari sosial
media tersebut.
Terkait konten, blog otoritas umumnya tidak mementingkan
kata kunci. Tak heran, blog otoritas memublikasikan ratusan hingga ribuan
artikel berkualitas karena topik yang mereka bahas tidak sempit (misalnya
kesehatan, rumah, pengembangan diri, teknologi, dan lain-lain).
Beberapa
contoh blog otoritas adalah:
·
Problogger (blog otoritas seputar dunia
ngeblog)
·
TechCrunch (blog otoritas seputar dunia
teknologi)
c)
Blog Niche
Berbeda dengan blog otoritas, blog niche fokus kepada
sebuah kata kunci tertentu yang diupayakan untuk masuk ke halaman satu mesin
pencari. Pembuatan blog jenis ini memiliki pola: riset kata kunci, pembuatan
konten, dan optimasi di mesin pencari.
Dari sisi pengunjung, blog niche menggantungkan diri
kepada pengunjung yang berasal dari mesin pencari (utamanya Google) sehingga
biasanya para pemilik blog niche sibuk mencari backlink dari beragam sumber
agar blog mereka masuk ke halaman 1 Google untuk kata kunci yang dibidiknya.
Karena hanya menggantungkan pengunjung dari Google,
kelemahan terbesar blog niche adalah kehilangan pengunjungnya dalam waktu
sekejap jika Google memperbaharui algoritma pencariannya. Anda mungkin pernah
mambaca keluhan para pemilik blog niche di forum-forum internet marketing
karena blog mereka telempar dari halaman 1 Google akibat Google Panda, Google
Penguin, atau penalti manual Google.
Sekarang ini ada banyak debat kusir perihal mana yang
lebih baik dalam menghasilkan uang antara blog otoritas dan blog niche. Para
fan blog otoritas mengklaim bahwa blog otoritas adalah yang terbaik
menghasilkan uang. Begitu juga dengan klaim para “pecinta” blog niche. Namun,
dalam pandangan saya, dua-duanya bagus menghasilkan uang sepanjang konten dan
backlink-nya berkualitas.
d)
Blog Perusahaan
Beberapa tahun belakangan ini banyak perusahaan telah
menambahkan sebuah blog pada website mereka. Perusahaan menggunakan blog mereka
untuk menginformasikan pengumuman penting, memperkenalkan produk dan atau jasa
baru, dan berkomunikasi dengan pelanggan. Oleh karena itu, blog jenis ini
umumnya tidak dimonetisasi dengan iklan-iklan pihak ketiga.
e)
Blog spam
Blog spam adalah blog yang dibuat dengan tidak
memperhatikan kualitas. Blog jenis ini umumnya berupa blog automatically
generated content (AGC) yang bisa dengan mudah dibuat dalam jumlah
masif. Pemilik tinggal menggunakan software (biasa juga kode tertentu atau
plugin) pengambil konten dari blog atau website orang lain dan blog mereka akan
dengan mudah terisi konten.
Walaupun mudah dibuat, blog spam sering mendapat komplain
dari pemilik blog yang kontennya diambil karena terjadi pelanggaran hak cipta.
Bukan hanya itu, blog jenis ini menjadi sasaran empuk Google dalam membersihkan
hasil pencariannya dari konten-konten yang tidak bermutu.
Dengan mengetahui kelima jenis blog di atas, Anda
mendapat gambaran tentang blog seperti apa yang hendak Anda buat. Secara
probadi, saya baru membuat blog niche dan blog otoritas. Dari sisi bahasa, blog
niche saya 100% berbahasa Inggris, sedangkan blog otoritas saya semuanya
berbahasa Indonesia (salah satunya blog yang sedang Anda baca ini).[4]
BAB
III
KESIMPULAN
Blog secara
bahasa merupakan kependekan dari Weblog. Weblog sendiri merupakan
kependekan dari “ Logging The Web “ yang mempunyai asal-usul yaitu
memasuki web dan menuliskan “ kesimpulan tautan-tautan mana yang menarik” dan
memberikan pendapat tentang tautan tersebut di jurnal online-nya. Fungsi atau manfaat dari blog itu sendiri sangatlah
beragam, mulai dari fungsi media curahan hati setiap hari atau diary,
media publikasi politik dan sebagainya, hingga juga bisa digunakan sebagai company profile suatu perusahaan baik
skala kecil hingga raksasa. Macam-macam blog yaitu:
v Blog
pribadi
v Blog otoritas (authority blogs)
v Blog
niche
v Blog
perusahaan
v Blog
spam
Dengan mengetahui kelima jenis blog di atas, Anda
mendapat gambaran tentang blog seperti apa yang Anda buat.
DAFTAR
PUSTAKA
Riyanto. Serba gratis. ( Yogyakarta : gava
media, 2012)
Supardi yuniar, internet untuk segala kebutuhan.
( Jakarta : PT Elex media komputindo) hlm. 143-146
https://www.blogodolar.com/5-jenis-blog-yang-sebaiknya-anda-ketahui/
23:15/13/04/2018
[1]
Riyanto. Serba gratis. ( Yogyakarta : gava media, 2012) hlm. 19
[2]
Supardi yuniar, internet untuk segala kebutuhan. ( Jakarta : PT Elex
media komputindo) hlm. 143-146
Comments
Post a Comment